PROFIL PUSKESMAS
DATA SITUASI UMUM
1. No. Kode Puskesmas : P3209151202
2. Nama Puskesmas : UPTD PUSKESMAS PLERED
3. Kecamatan : PLERED
4. Kabupaten : CIREBON
5. Propinsi : JAWA BARAT
UPTD Puskesmas Plered berlokasi di Jalan Raya Otto Iskandar dinata No. 40 Desa Tegal Sari, Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon, dengan jumlah wilayah kerja secara administratif meliputi 6 Desa membawahi 15 Dusun, 31 RW dan 115 RT. Desa terjauh dengan jarak tempuh 7 km, yaitu Desa Tegal sari blok jopak, dan desa terdekat dengan jarak tempuh sekitar 1 km, yaitu Desa Tegal sari yang merupakan lokasi keberadaan UPTD Puskesmas Plered, sedangkan jarak ke Ibu Kota Kabupaten Cirebon di Sumber berjarak sekitar 6,5 km.
Wilayah kerja UPTD Puskesmas Plered secara geografis berada di wilayah Desa Tegalsari Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon, terletak di daerah perdesaan (koordinat -6,704983 LS, 108,506447 BT), dan termasuk daerah dataran, dengan ketinggian 12 m di atas permukaan laut, curah hujan 2.783 mm, dan suhu rata-rata wilayah Puskesmas Plered sekitar 25 oC s/d 38oC.
Adapun keberadaan Puskesmas Plered yang mempunyai luas wilayah 5,88 Km², dan secara administratif berbatasan dengan wilayah kerja puskesmas di kecamatan lain dengan batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut :
o Sebelah utara berbatasan dengan wilayah kerja UPTD Puskesmas Pangkalan,
o Sebelah selatan berbatasan dengan wilayah kerja UPTD Puskesmas Karangsari,
o Sebelah barat berbatasan dengan wilayah kerja UPTD Puskesmas DTP Plumbon,
o Sebelah timur berbatasan dengan wilayah kerja UPTD Puskesmas Kedawung/Tengah tani.
TATA NILAI UPTD PUSKESMAS PLERED
TATA NILAI |
DEFINISI OPERASIONAL |
INDIKATOR |
SANTUN |
Memerlukan kepandaian mental emosional yang benar untuk menjalankannnya |
Setiap karyawan memiliki kebiasaan perilaku santun yang baik dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu |
EMPATI |
Melayani masyarakat dengan sepenuh hati |
Setiap karyawan membudayakan senyum, salam, sapa kepada semua pelanggan |
HANDAL |
Pelayanan dilakukan oleh tenaga yang profesional |
Setiap karyawan memberikan pelayanan kesehatan dilaksanakan sesuai kompetensi pendidikan |
ADIL |
Pelayanan yang merata tidak membeda-bedakan pasien |
Setiap karyawan melayani pasien dengan adil tanpa ada yang di beda-bedakan. |
TELADAN |
Menjadi panutan masyarakat dalam berperilaku sehat |
Semua karyawan melaksanakan 10 Indikator PHBS sebagai role model untuk masyarakat hidup sehat |